Iklan

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)

             
                    CIKAL BAKAK PMII
      (dalam sejarah singkat IPNU-IPPNU)

  Ide dasar berdirinya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) bermula dari adanya hasrat kuat para mahasiswa Nahdliyin untuk membentuk suatu wadah (organisasi) mahasiswa yang berideologi Ahlusunnah Waljama'ah (aswaja). Ide ini tidak dapat dipisahkan dari eksistensi IPNU-IPPNU (ikatab pelajar nahdlatul ulama - ikatan pelajar nahdatul ulama), secara historis, PMII merupakan mata rantai dari departemen perguruan tinggi IPNU yang dibentuk dalam muktamar III IPNU di cirebon Jawa Barat pada tanggal 27-31 Desember 1958.Di dalam wadah IPNU-IPPNU ini mayoritas fungsionaris pengurus pusat IPNU-IPPNU berpredikat sebagai mahasiswa. Itulah sebabnya dikalangan mereka berkeinginan membentuk suatu wadah khusus yang menghimpun para mahasiswa nahdliyin. Pemikiran ini sempat terlontar pada muktamar II IPNU tanggal 1-5 Januari 1959 di Pekalongan Jawa tengah, tetapi pucuk pimpinan IPNU sendiri tidak menanggapi secara serius. Hal ini mungkin dikarenakan kondisi di dalam IPNU masih perlu pembenahan, yakni banyaknya funhsionaris IPNU yang telah berstatus mahasiswa, sehingga dikhawatirkan bila wadah khusus untuk mahasiswa ini berdiri akan mempengaruhi perjalanan IPNU yang baru saja terbentuk, Tetapi aspirasi kalangan mahasiswa yang tergabung dalam IPNU ini makin kuat, hal ini terbukti pada muktamar III IPNU di cirebon Jawa barat, pucuk pimpinan IPNU didesak oleh para peserta muktamar membentuk suatu wadah khusus yang akan menampung para mahasiswa nahdliyin, namun secara fungsional dan struktur organisatoris masih tetap dalam naungan IPNU, yakni dalam wadah departemen perguruan tinggi IPNU.

  Namun langkah yang diambil oleh IPNU untuk menampung aspirasi para mahasiswa nahdliyin dengan membentuk departemen perguruan tinggi IPNU pada kenyataannya tidak berjalan sebagaimana yang di harapkan. Terbukti pada konprensi besar IPNU di Kaliurang Yogyakarta pada tanggal 14-16 maret 1960, Forum konperensi dasar memutuskan terbentuknya suatu wadah/organisasi mahasiswa nahdliyin yang terpisah secara struktural maupun fungsional dan IPNU-IPPNU.

Logo PMII dan filosofinya :


Logo IPNU-IPPNU dan filosofinya :




sejarah singkat IPNU-IPPNU, Buku kenang-kenangan Makesta IPNU-IPPNU, kordya Surakarta, Tahun 1970 halaman 11-12. & Buku PMII (dalam simpul-simpul sejarah perjuangan)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
blog,Organisasi,sejarah