Dalam sebuah organisasi diisi oleh sekelompok orang yang memiliki perilaku sosial dan terkoordinasi secara sadar,serta terdiri dari pola aktivitas kerjasama yang dilakukan secara struktural dan sistematis untuk mencapai tujuan bersama.Dalam sebuah Organisasi kita dapat meningkatkan dasar pengetahuan dan mengembangkan potensi dasar yang dimiliki oleh setiap orang.
Sudah sepantasnya sekarang kita memiliki keinginan dan tekad untuk bergelut dalam sebuah organisasi baik dalam organisasi sosial, kemasyarakatan maupun pemerintahan.Agar potensi dalam diri dapat dikembangkan secara ideals, melalui proses yang terstruktur.
Organisasi juga merupakan suatau proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dari suatu kerja kelompok.
Adapun Unsur-Unsur organisasi secara sederhana memiliki 5 unsur, yaitu:
1) Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel.Setiap pegawai atau personel dalam organisasi secara bersama memiliki kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
2) Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
3) Tujuan bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan.
4) Peralatan
Peralatan atau equipment adalah yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah,gedung/bagunan).
5) Lingkungan (environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. termasuk dalam unsur lingkungan diantaranya kondisi,lokasi, wilayah yang dijadikan sebagai tempat operasi kegiatan organisasi serta kekayaan alam.
Adapun defenisi organisasi menurut teori klasik yaitu organisasi merupakan struktur hubungan, kekuasaan, tujuan, peranan, kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain apabila orang bekerja sama.
Teori Organisasi klasik sepenuhnya menguraikan anatomi organisasi formal. Empat unsur pokok yang selalu muncul dalam organisasi formal:
System kegiatan yang terkoordinasi
Kelompok orang
Kerjasama
Kekuasaan & kepemimipnan